A.
Keunggulan
dan Keterbatasan Komputer Yang Digunakan Dalam Tujuan Pendidikan
a.
Keunggulan
1.
Komputer dapat
mengakomodasi siswa yang
lamban menerima pelajaran, karena ia dapat memberikan iklim
yang lebih bersifat efektif dengan cara lebih individual, tidak
pernah lupa, tidak
pernah bosan, dan
sangat sabar dalam menjalankan instruksi seperti yang
diinginkan program yang digunakan.
2.
Komputer dapat
merangsang siswa untuk
mengerjakan latihan, melakukan kegiatan laboratorium atau simulasi
karena tersedianya animasi grafik, warna
dan musik yang dapat menambah realisme.
3.
Kendali berada di tangan siswa
sehingga tingkat kecepatan belajar siswa dapat disesuaikan dengan tingkat
penguasaannya. Dengan kata lain, komputer dapat berinteraksi dengan
siswa secara perorangan
misalnya bertanya dan
menilai jawaban.
4.
Kemampuan merekam
aktivitas siswa selama
menggunakan suatu program pembelajaran memberi
kesempatan lebih baik
untuk pembelajaran secara perorangan dan perkembangan setiap
siswa selalu dapat dipantau.
5.
Dapat berhubungan dengan dan
mengendalikan peralatan lain seperti compact disc, video
tape, dan lain-lain
dengan program pengendali
dari komputer-komputer.
b.
Keterbatasan
1.
Meskipun harga
perangkat keras komputer
cenderung semakin menurun (murah), pengembangan perangkat
lunaknya masih relatif mahal.
2.
Untuk menggunakan
komputer diperlukan pengetahuan
dan keterampilan khusus tentang
komputer.
3.
Keragaman model
komputer (perangkat keras)
sering menyebabkan program (software) yang
tersedia untuk satu
model tidak cocok
(kompatibel) dengan model
lainnya.
4.
Program yang
tersedia saat ini
belum memperhitungkan kreativitas
siswa,sehingga hal tersebut
tentu tidak akan
dapat mengembangkan kreativitas siswa.
5.
Komputer hanya
efektif bila digunakan
oleh satu orang
atau beberapa orang dalam
kelompok kecil. Untuk
kelompok yang lebih
besar diperlukan tambahan peralatan
lain yang mampu
memproyeksikan pesan-pesan di monitor ke layar yang lebih lebar.
B.
Konsekuensi
Aplikasi “Mathcad” Dalam Pembelajaran Matematika
a.
Konsekuensi
Positif
1.
Sebagian siswa menyambut perubahan pendekatan
pengajaran dan tertarik belajar teknologi komputer.
2.
Siswa lebih intuitif
3.
Sebagian besar siswa merasa kemampuan pemecahan
masalah matematiknya meningkat.
4.
Hampir semua siswa sepakat lebih efisien waktu
dalam menyelesaikan tugas.
5.
Rasa ingin tahu siswa dirangsang untuk mencari
model kinerja komputer dengan kondisi operasi yang berbeda.
b.
Konsekuensi
Negatif
1.
Beberapa siswa berfikir belajar jadi lebih sulit
karena menambah persyaratan kemampuan baru yaitu teknologi komputer.
1 komentar:
bagus, tapi kenapa di atas ada gambar dome of the rock?
Posting Komentar