Sabtu, 14 Januari 2012

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ICT DALAM PEMBELAJARAN



A.     Keunggulan dan Keterbatasan Komputer Yang Digunakan Dalam Tujuan Pendidikan
a.      Keunggulan
1.    Komputer  dapat  mengakomodasi  siswa  yang  lamban  menerima  pelajaran, karena ia dapat memberikan iklim yang lebih bersifat efektif dengan cara lebih individual,  tidak  pernah  lupa,  tidak  pernah  bosan,    dan  sangat  sabar  dalam menjalankan instruksi seperti yang diinginkan program yang digunakan.
2.    Komputer  dapat  merangsang  siswa  untuk  mengerjakan  latihan,  melakukan kegiatan laboratorium atau simulasi karena tersedianya  animasi grafik, warna dan musik yang dapat menambah realisme.
3.    Kendali berada di tangan siswa sehingga tingkat kecepatan belajar siswa dapat disesuaikan dengan tingkat penguasaannya. Dengan kata lain, komputer dapat berinteraksi  dengan  siswa  secara  perorangan  misalnya  bertanya  dan  menilai jawaban.
4.    Kemampuan  merekam  aktivitas  siswa  selama  menggunakan  suatu  program pembelajaran  memberi  kesempatan  lebih  baik  untuk  pembelajaran  secara perorangan dan perkembangan setiap siswa selalu dapat dipantau.
5.    Dapat berhubungan dengan dan mengendalikan peralatan lain seperti compact disc,  video  tape,  dan  lain-lain  dengan  program  pengendali  dari  komputer-komputer.
b.     Keterbatasan
1.    Meskipun  harga  perangkat  keras  komputer  cenderung  semakin  menurun (murah), pengembangan perangkat lunaknya masih relatif mahal.
2.    Untuk  menggunakan  komputer  diperlukan  pengetahuan  dan  keterampilan khusus tentang komputer.
3.    Keragaman  model  komputer  (perangkat  keras)  sering  menyebabkan  program (software)  yang  tersedia  untuk  satu  model  tidak  cocok  (kompatibel)  dengan model lainnya.
4.    Program  yang  tersedia  saat  ini  belum  memperhitungkan  kreativitas  siswa,sehingga  hal  tersebut  tentu  tidak  akan  dapat  mengembangkan  kreativitas siswa.
5.    Komputer  hanya  efektif  bila  digunakan  oleh  satu  orang  atau  beberapa  orang dalam  kelompok  kecil.  Untuk  kelompok  yang  lebih  besar  diperlukan tambahan  peralatan  lain  yang  mampu  memproyeksikan  pesan-pesan  di monitor ke layar yang lebih lebar.

B.     Konsekuensi Aplikasi “Mathcad” Dalam Pembelajaran Matematika
a.      Konsekuensi Positif
1.    Sebagian siswa menyambut perubahan pendekatan pengajaran dan tertarik belajar teknologi komputer.
2.    Siswa lebih intuitif
3.    Sebagian besar siswa merasa kemampuan pemecahan masalah matematiknya meningkat.
4.    Hampir semua siswa sepakat lebih efisien waktu dalam menyelesaikan tugas.
5.    Rasa ingin tahu siswa dirangsang untuk mencari model kinerja komputer dengan kondisi operasi yang berbeda.
b.     Konsekuensi Negatif
1.    Beberapa siswa berfikir belajar jadi lebih sulit karena menambah persyaratan kemampuan baru yaitu teknologi komputer.

1 komentar:

محمد الفارذي mengatakan...

bagus, tapi kenapa di atas ada gambar dome of the rock?